Sebagai bagian dari pembinaan olahraga Rugby di seluruh lini dan segenap lapisan masyarakat di Indonesia, PRUI tidak hanya melakukan pemassalan melalui program Get Into Rugby, namun juga menyelenggarakan berbagai kompetisi di tingkat nasional.

Pada tanggal 27 dan 28 April yang baru lalu, bertempat di Stadion Brawijaya Surabaya, PRUI menyelenggarakan Kejuaraan Nasional Rugby 7s U-19 yang diikuti enam tim Putra dan tiga tim Putri dari enam provinsi di seluruh Indonesia. Para pejuang muda Rugby Indonesia berdatangan ke Kota Pahlawan dan dengan semangat menggebu bertarung untuk menunjukkan permainan terbaik mereka.

Pertandingan pertama yang berlangsung dibawah panasnya terik matahari adalah antara tim Putra DKI dan Bali. Sejak peluit pertama dibunyikan, kedua tim dengan semangat tinggi. Walaupun pada awal kedua tim masih saling mencari irama permainan masing-masing, DKI-lah yang mencetak try pertama melalui Bowo. Kejar-kejaranpun terjadi dan suasana seru semakin terbangun. Tidak masuknya conversion dari Bali mengantarkan DKI menjadi pemenang melalui skor tipis 12-10.

Selanjutnya, pertandingan demi pertandingan berlangsung sepanjang hari baik di kategori Putra maupun Putri, antara lain kemenangan Putra Banten atas Kaltim dengan skor tipis 5-0, serta kemenangan Putri Bali atas Jawa Timur 0-15.

Di hari ke-2 turnamen, Putra Kaltim membuat kejutan terbesar setelah menggasak DKI dengan skor 12-5 pada pertandingan pertama dan berhasil kejar-kejaran angka dengan Jatim sebelum pertandingan berakhir 17-12 bagi tuan rumah.

Putri Bali yang pada hari pertama berhasil ditahan DKI 12-sama, pada hari kedua memenangkan pertandingan kedua lawan tim ibukota dengan skor telak 15-0. Kemenangan inilah yang mengantarkan mereka menjadi Juara I Kejurnas Rugby 7s U-19, 2019 dengan total poin 11, diatas DKI di peringkat II dan Jatim di peringkat III.

Sepanjang hari kedua, seluruh tim berusaha maksimal untuk mengoptimalkan performa dan merebut poin. Permainan cepat melalui sprinting di wings terus menjadi pola yang diandalkan dan menghasilkan angka demi angka. Panas terik seolah tidak terasa oleh para pemain yang berlaga.

Perlu diacungkan jempol pada kontingen Jawa Tengah yang dengan swadaya berjuang untuk dapat hadir dan berpartisipasi, melalui jalan darat menggunakan bus umum dan memilih akomodasi di ruang sekretariat stadion. Perjuangan mereka belum menghasilkan kemenangan pertandingan, namun telah merebut hati seluruh insan Rugby nasional dengan semangat ksatria mereka.

Sebelum pertandingan final di kategori Putra dilangsungkan, diadakan pula pertandingan eksebisi antara Timnas Putra dan Putri Rugby 7s melawan U-19 All Stars yang menghibur sekaligus menawan. Terlihat sekali betapa para pemain terbaik Indonesia begitu bergembira medndapatkan kesempatan bermain melawan junior mereka.

Pada akhirnya, tim Putra DKI berhasil mengalahkan Bali dengan skor ketat 17-10 pada pertandingan akbar turnamen dan berhak dinobatkan menjadi Juara.

Ucapan selamat dihaturkan kepada seluruh peserta atas semangat dan kegigihan mereka dan juga Pengprov PRUI Jatim sebagai tuan rumah serta PB PRUI sebagai panitia.

Hasil lengkap turnamen dapat dilihat dibawah.

Day 1:

Men’s:

DKI 12 – 10 Bali

Jateng 7 – 21 Jatim

Banten 5 – 0 Kaltim

DIY 7 – 33 DKI

Bali 24 – 5 Jatim

Jatim 14 – 7 Banten

Kaltim 20 – 7 DIY

DKI 40 – 0 Jateng

Bali 33 – 12 Jatim

Banten 19 – 0 DIY

Women’s:

DKI 34 – 0 Jatim

Jatim 0 – 15 Bali

Bali 12 – 12 DKI

Day 2:

Men’s:

Kaltim 12 – 5 DKI

Bali 26 – 0 DIY

Jateng 0 – Banten 21

Jatim 17 – 12 Kaltim

DKI 42 – 0 Banten

Kaltim 39 –  0 Jateng

DIY 7 – 35 Jatim

Bali 26 – 0 Banten

DKI 26 – 5 Jatim

DIY 17 – 7 Jateng

Kaltim 0 – 10 Bali

Women’s:

Jatim 0 – 27 DKI

DKI 0 – 15 Bali

Bali 41 – 0 Jatim

FINAL Women’s:

  1. Bali
  2. DKI
  3. Jatim

FINAL Men’s:

DKI 17 – 10 Bali