Festival Rugby 7s Jawa Tengah 2020 yang diselenggarakan oleh PRUI Jawa Tengah pada hari Minggu tanggal 23 Februari 2020 berlangsung sukses. Festival Rugby pertama di Jawa Tengah ini dengan diikuti oleh 12 tim peserta dari berbagai kategori tingkat pendidikan mulai dari SMP, SMA dan Universitas serta Club Rugby.

Lapangan Kota barat yang terpusat di Kota solo dan dekat dengan stadion manahan, menjadi pilihan pelaksanaan festival ini oleh Pengurus PRUI Jawa Tengah. Meskipun ini festival pertama, kebangkitan Rugby Jawa Tengah terlihat jelas dengan 6 Kabupaten Kota yang mengikuti festival ini: kabupaten boyolali, kabupaten karanganyar, kabupaten sukoharjo, kabupaten sragen, kota salatiga dan kota Surakarta.

Ketua PRUI Jawa Tengah yang baru saja terpilih belum lama ini, Anang Waskito menyampaikan semangatnya untuk membangkitkan Rugby di Provinsi yang memiliki populasi penduduk 32 juta jiwa ini. “Potensi penduduk Jawa Tengah yang sedemikian besar akan segera terlihatdi kebangkitan Rugby di Indonesia. Ditambah lagi kami memiliki kekuatan anak muda Jawa Tengah yang selama ini sudah haus akan Rugby. Tunggu saja kami dalam waktu dekat akan segera mengimbangi Provinsi lain yang sudah duluan mengenalkan Rugby di daerahnya.” 

Acara ini juga terasa lebih special karena dibarengi dengan kunjungan 8 (delapan) Mahasiswa dan 1 (satu) orang Profesor dari Ryutsu Keizai University dari Jepang. Program kunjungan ini merupakan kerjasama PB PRUI dengan JICA (Japanese International Cooperation Agency) yang khusus mengembangkan Rugby di Indonesia.

Kita tunggu kebangkitan Rugby di Jawa Tengah!

Pemenang Festival Rugby Jawa Tengah 2020.

Tingkat SMP

Juara 1 SMP Musuk,Boyolali

Juara 2 SMP daarul Quran A, karanganyar

Juara 3 SMP daarul Quran B, Karanganyar

Tingkat SMA putra

Juara 1 SMK N 1 musuk, Boyolali

Juara 2 SMK sakti sragen

Juara 3 SMA muhammadiyah Surakarta

Tingkat SMA putri

Juara 1 SMK N 1 musuk, Boyolali

Juara 2 SMK N 1 Mojosongo,Boyolali

Juara 3 SMA N 2 plupuh Sragen

Tingkat universitas

Juara 1 UNS surakarta

Juara 2 UTP surakarta

Juara 3 UKSW Salatiga

Tingkat club

Juara 1 ganeshans Rugby club

Juara 2 gonilans Rugby club

Juara 3 barbarian Boyolali Rugby club