Sebagai olahraga yang relatif baru di Indonesia, bertambahnya jumlah pemain Rugby sangat penting bagi kelangsungan dan popularitas olahraga yang kita cintai ini.

Bagi mereka yang sudah merasakannya, keunikan Rugby dengan segala dinamika permainnya memang sudah cukup untuk senantiasa membuat ketagihan. Namun bagi yang belum pernah, bagaimana caranya agar dapat mencoba?

Masalah inilah yang kemudian melahirkan gagasan Get Into Rugby dari World Rugby. Pertama-tama sebagai upaya meningkatkan jumlah pemain secara global menjelang dipertandingkannya kembali Rugby 7s pada Olimpiade Rio de Janeiro tahun 2016 yang lalu dan juga menuju Piala Dunia Rugby yang akan berlangsung di Jepang pada September hingga November 2019 yang akan datang.

Bukan hanya pemain, tetapi diharapkan juga melalui Get Into Rugby, jumlah pelatih dan wasit serta aparat pertandingan lainnya juga dapat turut ditingkatkan.

Get Into Rugby dibagi menjadi tiga bagian yaitu: TRY (MENCOBA), PLAY (BERMAIN) & STAY (BERKELANJUTAN).

Pada bagian mencoba, para peserta diperkenalkan kepada prinsip olahraga Rugby, kelincahannya, passing, menangkap bola dan kerjasama team. Tidak kalah penting adalah pengenalan terhadap nilai-nilai Rugby yaitu Integritas, Semangat, Kebersamaan, Disiplin dan Salang Menghargai.

Di tahap bermain, keahlian Rugby para pemain diasah melalui mulai ikutserta pada pertandingan sehingga para pemain dapat merasakan keunikan olahraga Rugby. Sementara pada tahap berkelanjutan diharapkan Rugby dapat menjadi bagian hidup yang bermanfaat bagi mereka yang terlibat di dalamnya.

Indonesia sendiri mencatat tahun yang baik berkenaan dengan jumlah peserta Get Into Rugby selama tahun 2018 dengan total peserta mencapai 18,961 orang! Provinsi Bali secara luar biasa berhasil memperkenalkan Rugby pada 5,234 putra dan putri, disusul DI Yogyakarta dengan 4,791 peserta kemudian DKI Jakarta dengan 3,209 peserta. Sisa peserta disumbang oleh provinsi Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Banten, Jawa Barat dan Sumatera Selatan.

Hal yang juga menggembirakan adalah tingginya peserta putri yang mencapai 8,624 orang atau setara dengan 45.5% peserta. Hal ini membuktikan bahwa Rugby memang olahraga inklusif yang dapat dinikmati oleh semua orang.

Indonesia telah turut menyumbangkan peserta Get Into Rugby sehingga Asia Rugby menjadi wilayah yang paling banyak menyumbangkan peserta yaitu sebanyak 844,100 peserta selama 2018 atau setara 42% total se-dunia! Di awal tahun 2019 ini, kami mengundang para guru olahraga, siswa, mahasiswa dan semua kalangan yang kiranya berminat untuk lebih mengenal Rugby untuk menghubungi PB PRUI melalui website www.rugbyindonesia.or.id untuk mengatur kunjungan program Get Into Rugby bagi sekolah, kampus atau perkumpulan Anda!