PB PRUI (Persatuan Rugby Union Indonesia) bersama dengan mahasiswa Ryutsu Keizai University (RKU) mengenalkan Rugby kepada 3.707 anak di 8 (delapan) Provinsi di Indonesia. Program ini terselenggara dalam rangkaian kerjasama PB PRUI dengan Japanese International Cooperation Agency (JICA) dan merupakan kunjungan ke-empat kalinya selama 3 (tiga) tahun terakhir.

Kunjungan kali ini berlangsung selama satu bulan dan dimulai dari tanggal 13 Februari 2020. Total 8 (delapan) mahasiswa dan 1 (satu) orang Professor RKU selama satu bulan mengenalkan rugby kepada siswa-siswi Indonesia, mengembangkan kapasitas pelatih, wasit hingga tim medis Rugby di Indonesia. Provinsi yang dikunjung tahun ini adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, Nanggroe Aceh Darussalam, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Lampung, Jawa Barat dan Bali.

Ketua Umum PB PRUI, Didik Mukrianto menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Prof. Makoto Nishiki dan mahasiswanya, yang selama 3 (tahun) terakhir sudah membantu mengenalkan Rugby ke lebih dari 12.000 anak di Indonesia. Sebagai negara terbaik di bidang Rugby di Asia, Jepang sudah dianggap sebagai kakak buat Indonesia dan memang selalu memberikan contoh yang baik kepada semua negara di Asia.

Prof. Makoto Nishiki dalam laporan akhir kegiatannya menjelaskan besarnya potensi dan semangat Rugby di Indonesia dan sumber tenaga ini adalah remaja Indonesia. Di beberapa daerah yang dikunjungi, mahasiswanya sudah bisa mengadakan Festival rugby yang melibatkan beberapa sekolah dan universitas. Makoto yakin Rugby di Indonesia akan berkembang pesat tapi membutuhkan perencanaa jangka Panjang yang baik, seperti Jepang yang merencanakan perkembangan Rugby mereka untuk Piala Dunia Rugby 2019.

Jadwal kunjungan tim RKU tahun 2020:

13 – 15 Februari: DKI Jakarta

16 Februari: Banten

18 – 19 Februari:

  • Group A: Surabaya, Jawa Timur
  • Group B: Palembang, Sumatra Selatan

21 – 23 Februari:

  • Group A: Solo, Jawa Tengah
  • Group B: Lampung

27 – 29 Februari:

  • Group A: Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  • Group B: Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam

4 – 6 Maret: Bandung, Jawa Barat