Setelah kedatangannya tahun lalu yang sukses membantu sosialisasi olahraga Rugby di beberapa provinsi di Indonesia, para relawan dari Ryutsu Keizai University Japan, melalui program Japan International Cooperation Agency (JICA) telah datang kembali pada medio Februari 2019 ini.

Rombongan yang dipimpin oleh dosen RKU Mukoyama Masatoshi terdiri dari sepuluh orang, termasuk sukarelawan yang sudah tidak asing lagi di kalangan Rugby Indonesia yaitu Takanori Hattori, yang tahun lalu menghabiskan waktu setahun untuk melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan Rugby di Indonesia.

Kegiatan yang dilakukan para sukarelawan ini mencakup program Get Into Rugby (GIR) di beberapa provinsi, antara lain Jambi di SMA Titian Teras, SMA 4, SMA 1 dan SMA 3 Jambi dan SD Xaverius. Di Kalimantan Timur juga dilakukan kegiatan sama di SMPN 1, SMPN 2, SMK 1 dan SMAN 8 Samarinda. Papua turut pula dikunjungi untuk berbagai kegiatan termasuk Workshop Rugby serta kunjungan ke KONIDA Papua.

Sebagai negara dengan Timnas Rugby XVs yang bermain di tingkat elit dunia, Jepang akan menjadi negara Asia pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia Rugby pada bulan September hingga November tahun 2019 ini. Setelah itu, pada tahun 2020, Tokyo juga akan menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas dimana Rugby 7 akan kembali dipertandingkan.

Di sela-sela kegiatan para relawan dari RKU Rugby, mereka juga menikmati keramahan di berbagai daerah di Indonesia, termasuk hidangan kuliner lokal. Salah satu makanan favorit para relawan adalah soto!

Dalam semangat kebersamaan yang hanya ada pada olahraga Rugby ini, kita tentunya mengapresiasi dan mengucapkan banyak terimakasih pada relawan RKU Rugby dan JICA atas bantuannya turut mensosialisasikan Rugby di Indonesia. Semoga melalui olahraga yang kita cintai ini, hubungan antara dua bangsa dan negara kita dapat terjalin lebih akrab lagi.