2019 sudah hampir memasuki bulan kedua dan kegiatan Rugby di Indonesia sudah mulai menggeliat. Tahun ini menjanjikan begitu banyak kegiatan yang dapat kita ikuti bersama.

Sejak bulan Januari, beberapa klub dan provinsi sudah memulai kegiatan pre-season mereka diantaranya berbagai klub di Jakarta, Bali dan Banten.

Pada bulan Februari, tepatnya tanggal 9, akan dimulai Jakarta Rugby XVs Series yang kali ini direncanakan diikuti dua tier dengan empat tim dari tahun lalu di salah satunya (Komodo, Banteng, UNJ & JJRG) serta empat tim lagi di yang lain (Banten, Rusa Bogor, Nusantara Bogor & Bandung). Seluruh pertandingan direncanakan dilangsungkan di Lapangan Rugby Senayan sehingga memudahkan semua penonton untuk menyaksikannya.

Pada bulan Februari pula, Pengprov PRUI Bali merencanakan Bali Sevens Series-nya yang juga akan melangsungkan beberapa pertandingan eksibisi XVs yang disisipkan selama berlangsungnya kegiatan. Ini merupakan terobosan menuju Bali XVs Series ke depannya!

Di bulan April, kativitas Rugby Indonesia akan semakin ramai dengan acara tahunan Jakarta Tens Open yang diselenggarakan oleh Jakarta Komodo, dimana berbagai tim nasional dan internasional dipastikan akan hadir.

Di April 2019 ini juga, Timnas Putra Rugby XVs Indonesia “Rhinos” akan kembali mengikuti Asian Rugby Championship, Division III East di Brunei Darussalam setelah vakum selama dua tahun terakhir. Di bawah Pelatih Kepala dan mantan kapten Timnas Bobby Orlando, kita semua berharap “Rhinos” dapat unjuk gigi dan membawa hasil terbaik nanti!

Sementara itu, Surabaya akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Rugby Sevens U-19 pada tanggal 27 – 28 April nanti. Kota Pahlawan siap menyambut para pejuang Rugby muda…

Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Asia Rugby Sevens Men’s & Women’s Trophy pada bulan Agustus nanti, kemudian menyelenggarakan Pra-PON yaitu Kejuaraan Rugby Sevens Nasional pada tanggal 17-18 Agustus di Bali.

Sejarah akan terjadi di Bali pada bulan November yang akan datang dikarenakan Indonesia akan menjadi tuan rumah Asia Rugby AGM yang akan diselenggarakan di Bali!

Tahun 2019 ini juga menandakan kedua kalinya Pelatnas Rugby Sevens Nasional dilaksanakan di MAKO RUGBY GUMUK, DIY dalam rangka persiapan mengikuti multi-event SEA Games pada bulan Desember di Filipina nanti. Dengan semakin banyaknya kegiatan Rugby yang diselenggarakan di Indonesia yang mana baru sebagian dituliskan disini, diharapkan Rugby dapat mengakar sebagai olahraga di Indonesia, menuju prestasi semakin baik yang dapat dinikmati oleh semakin banyak orang.