Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Provinsi Banten menjadi Provinsi pertama yang menjalankan pelatihan Pelatih GIR untuk Guru dan Festival di tahun 2020 ini. Rangkaian kegiatan ini diselenggarakan di lapangan Stadion Maulana Yusuf, kota Serang, Banten pada Hari Minggu, 16 Februari 2020. Pengurus PRUI Provinsi Banten melaksanakan Festival tahunan ini untuk memperkenalkan olahraga Rugby di Provinsi Banten dan tahun ini dihadiri oleh 90 peserta dari tingkat SD hingga Universitas se Provinsi Banten.

Pelatihan GIR diadakan dari jam 9 Pagi hingga jam 3 Sore, pelatihan ini ditujukan untuk para guru olahraga dan pelatih dari setiap kota dan kabupaten di Banten. Peserta pelatihan ini mendapat sertifikasi pelatih GIR dan diberikan target GIR di Banten selama tahun 2020.

Acara ini juga dihadiri oleh 8 Mahasiswa Ryutsu Keizai University (RKU) dari Jepang yang sedang hadir dalam kunjungan tahunan mereka dalam membantu sosialisasi Rugby di Indonesia. Turut hadir juga beberapa media lokal dan media dari Jepang.

Muhammad Reza Mahrdhika yang merupakan Koordinator GIR Provinsi Banten menyampaikan rasa optimisnya terhadap perkembangan Rugby di Banten. “PRUI Provinsi Banten sudah masuk anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia Daerah (KONIDA) Banten dan program utama kami adalah sosialisasi olahraga ini ke seluruh sekolah di Banten. Banten memiliki banyak prestasi nasional dan tahun ini akan bermain di PON XX Papua, kita butuh dukungan semua pihak di Banten” tukas Reza.

Sementara itu Rizaldy, salah satu Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang juga mengikuti festival ini merasa olahraga ini sangat menyenangkan. “Saya baru tahu betapa menyenangkannya olahraga ini, walaupun ini hanya memperkenalkan olahraga rugby, tapi membuat saya ingin bermain rugby dan mengikuti kejuaraan-kejuaraan olahraga rugby”. Provinsi Banten pada tahun 2016 mendapat medali Perak pada Rugby PON XIX di Jawa Barat, dan tahun ini akan kembali mengikuti PON XX di Papua dengan target yang juga pasti tinggi. Potensi pemain juga sangat tinggi mengingat jumlah pemain cukup banyak dan banyak bermain di DKI Jakarta juga. Semoga kegiatan ini terus rutin dilaksanakan ya!