Bulan Juli penuh Rugby di Indonesia

Berbagai kegiatan Rugby memeriahkan bulan Juli yang sebentar lagi berakhir ini.

Di Bali, klub-klub yang tersebar di seluruh Pulau Dewata baru saja menyelesaikan seri ke-4 dari Kejuaraan Rugby 7s tingkat provinsi yang dikenal dengan nama Bali 7s Series.

Setelah empat minggu bertarung sengit, klub Tabanan Thunders pada akhirnya memenangkan kategori putra dan putri Bali 7s Series, sekaligus menutup musim Rugby 7s mereka secara dominan.

Posisi kedua pada kategori Putra diraih Badung Gladiator. Perlu dicatat bahwa tim inilah yang paling jauh berkembang dan mulai menunjukkan hasil yang baik di tahun 2019 ini, khususnya di bawah bimbingan Pak Martin.

Gianyar Garudas, Singa Muda Buleleng dan Prajurit Emas Bangli secara berurutan menutup perolehan angka pada table kejuaraan ini pada kategori Putra, sementara Gianyar Garudas, Gladiator, Golden Warriors dan Young Lions menutup perolehan angka pada kategori Putri.

Tabel final untuk Bali 7s Series adalah sebagai berikut:

Putri:

Guntur. 15

Garudas. 13

Gladiator. 11

Prajurit Emas. 10

Singa Muda. 4

Putra:

Guntur. 20

Gladiator. 11

Garudas. 11

Prajurit Emas. 10

Singa Muda. 5

Seluruh klub-klub di Bali kini tengah mempersiapkan pemain terbaik mereka untuk bertarung pada Pra-PON yang akan berlangsung pada akhir Agustus.

Sementara itu di Jakarta, Kejuaraan Rugby 7s antar Perguruan Tinggi baru saja berakhir pada hari Sabtu 27 Juli yang lalu.

Kejuaraan yang telah enam kali digelar ini diikuti oleh empat tim Putra dan dua Tim Putri berlangsung di Lapangan GOR Pondok Bambu Jakarta.

Setelah melalui babak demi babak yang seru, pada akhirnya tim Putri Universitas Negeri Jakarta unggul atas Universitas Negeri Surabaya dengan skor akhir 44-5.

Pada kategori Putra, tim Putra Universitas Pendidikan Indonesia merebut Juara ke-3 setelah mengungguli Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro dengan skor 38-5 dan pada partai puncak, UNJ mengungguli UNESA 31-0.

Dengan semakin banyaknya klub-klub baru baik di tingkat Pengcab, Pengprov maupun di Perguruan Tinggi maka akan semakin banyak juga kompetisi Rugby yang berlangsung. Contoh nyata adalah yang dipelopori oleh Pengprov PRUI Papua yang aakan menggelar Papua Open 7s yang diikuti 11 tim Putra serta lima tim Putri dengan hampir seluruh tim adalah hasil pembinaan yang dilakukan langsung oleh Papua Rugby. Semoga semakin meriah Rugby Indonesia!