Demam Rugby 7s melanda Yogyakarta melalui Kejurnas U-21

Seiring tekad PB PRUI untuk terus mengembangkan olahraga Rugby di seluruh Nusantara, semakin banyak kegiatan pengenalan dan pengembangan yang dilakukan. Dengan pendirian berbagai klub dan pengurus provinsi yang semakin banyak di seluruh Indonesia, PB PRUI juga mengakomodir perkembangan dengan mengadakan berbagai kejuaraan. 

Salah satunya adalah Kejurnas Rugby 7s U-21 yang diadakan di Lapangan Pancasila, UGM, Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 29-30 September yang lalu.

Diikuti tujuh tim putri dan 11 tim putra dari berbagai propinsi, bibit-bibit muda terbaik Rugby Indonesia bertanding satu sama lain dalam kemeriahan yang hanya ada pada olahraga Rugby. Peningkatan kemampuan bermain dan pengetahuan Rugby yang selama ini dibina oleh insan Rugby Indonesia melalui kegiatan Get Into Rugby, pelatihan pelatih, wasit dan ofisial serta tenaga medis mulai terlihat pada kejuaraan di Yogyakarta tersebut.

Dua tim provinsi baru yaitu dari Aceh dan Kalimantan Timur turut serta dan walaupun masih pada tingkat pemula dan dengan waktu persiapan yang masih minim, para pemain menunjukkan perjuangan dan tekad yang luar biasa di lapangan.

Tingkat permainan semakin merata, terbukti dari meningkatnya beberapa tim seperti Jawa Barat dan DIY yang menembus peringkat atas, meninggalkan beberapa tim provinsi yang sudah terlebih dahulu dikenal mapan. Talenta muda juga semakin matang di tim-tim Bali dan Jawa Tengah, Sumatera Selatan dan Jawa Timur baik untuk kategori putra dan putri.

Provinsi paling timur Indonesia yaitu Papua, yang terkenal sebagai salah satu gudang pemain Rugby terbaik, berhasil mengawinkan gelar juara putra dan putri. Hal ini menunjukkan keseriusan pengurus menjelang menjadi tuan rumah pada PON 2020 nanti.

DIY berhasil menggondol peringkat dua pada kedua kategori, sementara putra Jabar dan DKI putri memenangkan juara tiga.

Terimakasih dan hormat diucapkan kepada Pengprov PRUI DIY atas keramahan sebagai tuan rumah dan semoga semakin maju terus Rugby Indonesia ke depannya.

Peringkat akhir Kejurnas Rugby 7s U-21 adalah sbb:

PUTRA

  1. Papua
  2. DIY
  3. JABAR
  4. DKI
  5. BALI
  6. JATIM
  7. KALTIM
  8. ACEH
  9. SUMSEL
  10. JATENG
  11. BANTEN

PUTRI

  1. Papua
  2. DIY
  3. DKI
  4. BALI
  5. JABAR
  6. JATIM
  7. JATENG