Rugby selalu menekankan keamanan pemain pada setiap aspek permainannya. Jika Anda bermain Rugby, Anda harus dapat menikmatinya dengan nyaman dan yakin bahwa standar medis akan memadai jika terjadi cedera. Lebih dari itu, dukungan anggota team, pelatih dan keluarga seyogyanya memberikan ketenangan sehingga jika terdapat masalah fisik atau mental, Anda senantiasa memiliki jaringan pendukung yang selalu dapat membantu Anda.

Dikarenakan meningkatnya jumlah pemain dan pertandingan Rugby di Indonesia beberapa tahun belakangan ini, PRUI baru-baru ini mengirimkan sepuluh peserta dari enam Provinsi untuk mengikuti World Rugby Level 1 First Aid In Rugby (FAIR) Course di Singapore. Kursus yang diselenggarakan oleh Singapore Rugby Union ini, dihadiri antara lain oleh insan Rugby dari Provinsi Papua, Bali, Jawa Barat dan D. I. Yogyakarta dan menunjukkan semangat kerjasama dan persahabatan antara dua Pengurus Besar Rugby nasional yang bertetanggaan.

PRUI terus berencana untuk iktuserta dan menyelenggarakan Kursus Medis Rugby di Indonesia pada masa yang akan datang sehingga para pemain Rugby Indonesia dapat tenang bermain karena mengetahui bahwa keamanan pemain akan selalu menjadi prioritas teratas di Olahraga Rugby.