Kejuaraan ARST & ARSWT 2019 di Indonesia

Kurang dari setahun sejak menjadi tuan rumah Rugby 7s di multi-event Asian Games 2018, Indonesia dan PRUI kembali menjadi tuan rumah kejuaraan Rugby internasional yakni Asian Rugby Sevens Trophy dan Asian Rugby Sevens Women’s Trophy yang diselenggarakan pada tanggal 10 & 11 Agustus yang lalu di Lapangan Rugby Senayan, Jakarta.

Sebelas tim putra dan sembilan tim putri bertanding untuk memperebutkan gelar terhormat pada kejuaraan kalender tahunan Asia Rugby ini.

Walaupun peserta juga terdiri dari tim-tim kuat seperti Malaysia, Singapura dan Thailand pada divisi putra dan juga Filipina, Korea Selatan dan India pada divisi putri, seluruh peserta mengerahkan segenap kekuatannya untuk bertarung demi prestasi negaranya masing-masing.

Demikian juga dengan Indonesia yang berjuang dengan gagah berani.

Pada pertandingan pertama, Tim Putri Indonesia dengan gemilang mengalahkan Bangladesh 41-0 daan kemudian secara mengejutkan mengalahkan salah satu tim kuat di Asia yaitu Korea Selatan 24-12.

Tim Putra Indonesia juga bertarung habis-habisan dan secara mengejutkan dapat menahan Mongolia 12-sama hingga menit terakhir pertandingan sebelum wasit menghadiahi penalti yang berhasil dimanfaatkan Mongolia untuk mencetak try untuk unggul tipis 19-12. Seolah ingin membuktikan diri, Timnas Putra langsung menggebrak pada pertandingan berikutnya dan berhasil mengalahkan Uzbekistan dengan skor telak 35-5!

Pada hari kedua turnamen, Timnas Putra mencetak kemenangan kedua mereka dengan menumbangkan Laos 26-0. Perjuangan seru melawan India hingga menit akhir pertandingan masih belum menghasilkan hasil terbaik sehingga mereka tunduk 14-24.

Timnas Putri baru menderita kekalahan pertama mereka pada turnamen ini ketika dikalahkan tim kuat India secara tipis dengan skor akhir 17-21 sebelum permainan berat melawan Filipina akhirnya berakhir dengan kekalahan kedua, 07-26.

Meskipun demikian, patut dibanggakan oleh seluruh insan olahraga betapa hebatnya perjuangan para pemain Timnas Putra dan Putri Indonesia yang telah memperbaiki peringkat mereka secara drastis. Hal ini mencerminkan betapa seriusnya perkembangan Timnas melalui Pelatnas yang dilakukan di Gumuk, Yogyakarta selama ini. Peringkat ke-3 yang diraih oleh Timnas Putri merupakan torehan sejarah bagi Indonesia di kancah Rugby Asia.

Hasil akhir ARST dan ARSWT adalah sbb:

ARST:

  1. Malaysia
  2. Singapura
  3. Thailand
  4. Mongolia
  5. India
  6. Indonesia
  7. Afghanistan
  8. Laos
  9. Uzbekistan
  10. Bangladesh
  11. Brunei

ARSWT:

  1. Filipina
  2. India
  3. Indonesia
  4. Korea Selatan
  5. Guam
  6. Laos
  7. Qatar
  8. China Taipei
  9. Bangladesh

Official Photos Day 1: https://www.facebook.com/pg/indonesianrugby/photos/?tab=album&album_id=2335941329787027

Official Photos Day 2: https://www.facebook.com/indonesianrugby/photos/?tab=album&album_id=2335178743196619