Konferensi dan Festival Get Into Rugby di Jakarta, Indonesia

Sebagai bagian dari rangkaian acara Asian Rugby Championship Division 3 East-South yang diselenggarakan baru-baru ini di Jakarta, diselenggarakan juga kegiatan terkait program Get Into Rugby untuk terus meningkatkan momentum yang telah berjalan selama beberapa tahun belakangan ini.

Bermula dari diselenggarakannya Konferensi GIR yang dimulai pada hari Kamis 27 Juni 2019 yang diikuti sepuluh peserta koordinator GIR dari berbagai Pengprov PRUI di seluruh Indonesia. Kegiatan yang langsung dipimpin oleh Ben Van Rooyen dari Asia Rugby dimaksudkan bukan hanya untuk meningkatkan dan mempertajam kemampuan para koordinator, melainkan juga untuk memastikan bahwa mereka dapat menyampaikan nilai-nilai Rugby saat melakukan keigatan GIR nantinya.

“Kegiatan GIR bukan hanya untuk para pelatih dan koordinator jalankan saja, tetapi juga diharapkan mereka dapat mengajak para guru olahraga, orangtua dan tentunya anak-anak peserta untuk turut serta terlibat dalam segala aspek Rugby,” sebut Ben. “Dengan cara itulah nilai-nilai Rugby akan dapat disampaikan.”

Para koordinator yang menyelesaikan kegiatannya kemudian langsung mendapatkan kesempatan untuk mempraktekkan ilmunya melalui sebuah GIR Festival yang diselenggarakan sebelum pertandingan terakhir kejuaraan pada hari Sabtu 29 Juni 2019.

Lebih dari 500 peserta putra dan putri dari berbagai sekolah dasar dan menengah dari seluruh JABODETABEK berkumpul di lapangan Rugby GBK dan mengikuti kegiatan yang menyenangkan, belajar mengenal dan meningkatkan kemampuan bermain Rugby. Para koordinator terlihat begitu bersemangat memberikan instruksi dan arahan diselingi canda tawa selama acara berlangsung.

Para peserta juga berkesempatan untuk berjumpa dengan para pemain Timnas Rugby XVs Putra Rhinos yang turut serta memberikan semangat dan ilmu Rugby. Banyak peserta yang dengan tersenyum meminta berfoto bersama para pemain Rhinos kemudian melanjutkan tetap di pinggir lapangan untuk menjadi supporter ketika mereka melawan tim Rugby India. Indonesia terus berusaha meningkatkan jumlah peserta GIR setiap tahunnya dengan harapan bahwa konsep TRY, PLAY, STAY kan terus menambah jumlah pemain sehingga dapat terus memperbanyak pemain berkualitas di masa yang akan dating.