Makanan Tepat bagi Pemain Rugby yang Mudah Didapatkan di Indonesia

Sebagai pemain Rugby di Indonesia, terkadang kita kagum melihat betapa gagahnya para pemain asing. Walaupun pada olahraga Rugby selalu terdapat posisi yang tepat bagi segala bentuk maupun postur tubuh, seringkali jenis makanan yang tersedia sehari-hari dijadikan alasan akan performa yang kurang.

Sebelum kita terburu-buru mencari suplemen makanan, marilah kita meinjau beberapa makanan yang tersedia dengan cukup banyak di Indonesia, yang cocok dikonsumsi bagi pemain Rugby.

1. Telur

Merupakan sumber protein yang baik dan tersedia cukup banyak dengan harga relatif murah. Cara masak seperti direbus tentu akan lebih baik daripada digoreng, terutama jika menggunakan minyak atau margarin.

 

2. Brasika

Kubis, sawi dan brokoli termasuk di dalam marga tumbuhan “brasika”; selain membantu pemulihan tubuh setelah berlatih atau bermain Rugby, brasika juga mengandung tingkat antioksidan yang juga membantu fungsi hati kita.

3. Ayam

Biasakan memakan ayam tanpa kulitnya sehingga kita mendapatkan sumber protein yang baik, tanpa lemak yang kurang bermanfaat; salah satu cara terbaik memasaknya adalah dengan memanggang dada ayam tanpa kulit ditambah bumbu dan rempah, dengan garam yang secukupnya saja.

4. Beras Merah

Beras merah mengandung serat lebih tinggi dan dalam jumlah yang sama, memiliki lebih banyak kalori (sumber energi) daripada beras putih; beras merah juga memiliki indeks glikemik lebih rendah sehingga menurunkan resiko diabetes.

5. Lemak sehat

Memang ironis, lemak dihindari padahal lemak sehat sangat baik untuk pemain Rugby karena dapat mengurangi resiko penyakit jantung dengan menurunkan peradangan terutama setelah bertanding; lemak sehat terdapat pada alpukat, ikan laut, minyak zaitun dan juga minyak VCO.

6. Ubi

Ubi merupakan sumber energi yang baik dengan indeks glikemik yang lebih rendah daripada kentang sehingga menurunkan resiko diabetes; juga mengandung beta keroten yang baik untuk penglihatan, mengandung antioksidan tinggi dan meningkatkan fungsi pernafasan dan paru.

7. Bumbu dan Rempah

Bawang putih, cabai, oregano, daun salam dan kunyit semua memiliki manfaat anti-bakteri, anti-peradangan dan meningkatkan tingkat imunitas tubuh.

7. Air Putih

Dehidrasi merupakan musuh pemain Rugby yang berdampak buruk pada hampir seluruh bagian tubuh terutama saat latihan atau bertanding; dehidrasi juga mengurangi fungsi otak kita sehingga sulit untuk berkonsentrasi saat bermain. 

Ingatlah bahwa dengan makanan yang tepat, kita dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh sehingga dapat bermain Rugby dengan lebih baik lagi.

Catatan: sebelum melakukan diet atau merubah pola makan, selalu konsultasikan kepada dokter atau ahli nutrisi terlebih dahulu.