Dengan semakin gencarnya kegiatan “Get Into Rugby” yang dilakukan insan Rugby di seluruh Indonesia belakangan ini, semakin banyak siswa-siswi sekolah menengah pertama dan lanjutan yang mengenal olahraga Rugby. Bukan hanya teknik olahraganya saja, melalui banyaknya kegiatan GIR, semakin banyak perkenalan dan persahabatan baru terjalin serta semakin banyak siswa-siswi yang mengenal nilai-nilai Rugby yaitu Integritas, Semangat, Solidaritas, Disiplin dan Respek.

Sebagaimana diketahui GIR sendiri dibagi menjadi tiga tahap utama yaitu Mencoba, Bermain, Menetap (Try, Play, Stay) dimana setelah mencoba bermain Rugby, akan ada pemain yang melanjutkan ke tahap bermain Rugby dan dengan sendirinya pada tahap selanjutnya akan terus menetap sebagai pemain, pelatih, ofisial dan insan Rugby.

Memulai GIR itu sendiri tidaklah mudah dikarenakan begitu sedikitnya sekolah yang mengenal Rugby dan juga kesan bahwa olahraga Rugby hanya merupakan olahraga keras tanpa nilai-nilai sportifitas lainnya. Berkat kegigihan begitu banyak insan Rugby Indonesia dan dibawah koordinasi Agus Djamhoer selaku Kabid II dan Iwan Rinaldo Syarief sebagai Kabid Pemasalan, program GIR kini tidak hanya dilaksanakan di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung, melainkan juga hingga ke tingkat Kabupaten mulai dari Jogjakarta, Lampung, Sumatera Selatan, Sulawesi Barat dan Jawa Timur.

Khususnya di Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Bojonegoro, kegiatan Kejuaraan Rugby Piala Bergilir Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga sangat menarik perhatian karena mampu menampung para peserta GIR dalam turnamen resmi yang dalam GIR sudah masuk ke tahap “Bermain” dan bukan lagi sekedar “Mencoba”.

Diikuti 18 team Putra dan 12 team Putri di tingkat SMA serta 8 team Putra dan 14 team Putri di tingkat SMP, Kejuaraan Rugby tersebut dilangsungkan pada Minggu 14 Januari di Lapangan SMT Bojonegoro.

Dibuka oleh Kepala Dispora Bojonegoro, Bapak Dandi Suprayitno, A.P., M.Si., SMA 2 Bojonegoro menjuarai kategori Putra SMA setelah mengalahkan MAN 2 Bojonegoro pada pertandingan Final. Sementara itu di Final kategori Putri SMA, Team (A) MAN 2 unggul atas Team (B) MAN 2 dan berhak menggondol predikat juara. Pada kategori SMP Putra, SMP Arrahmad Bojonegoro mengalahkan SMPN 4 Bojonegoro dan pada kategori SMP Putri, SMPN 6 Bojonegoro menumbangkan perjuangan SMPN 1 Trucuk masing-masing dengan dengan skor tipis untuk tampil sebagai Juara Kategori.

Sepertinya fenomena Rugby terus menular di tingkat akar rumput seluruh Indonesia dengan akan diadakannya Kejuaraan Rugby 7s Se-Sumatera Selatan pada 31 Maret – 1 April yang akan datang. Luar biasa bagi Rugby Sumatera Selatan yang dapat menyelenggarakan turnamen Rugby perdana di tanah Sumatera!

Silakan hubungi admin@indonesianrugby.or.id jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai GIR atau jika ingin mengadakan GIR di sekolah atau komunitas Anda, dimanapun di seluruh Indonesia.