[News Coverage] Republika.co.id 28 Oct 2017: Rugbi Mulai Lakukan Seleksi Timnas untuk Asian Games

[News Coverage] Republika.co.id 28 Oct 2017: Rugbi Mulai Lakukan Seleksi Timnas untuk Asian Games. News article about National Rugby 7s Championship, 25-26 October 2017 in Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pengurus Induk Olahraga Rugbi Indonesia (PRUI) mulai menatap Asian Games 2018. Pelatih timnas rugbi George Daniel William akan memulai proses seleksi pemain selama pemusatan latihan yang akan diagendakan pada bulan mendatang.

Pelatih asal Selandia Baru itu sekarang mengantongi 48 nama calon pemain timnas. Para pemain tersebut terbagi dalam dua nomor pertandingan.

Rugbi putra berjumlah 24 nama, jumlah yang sama pada regu putri. Para pemain itu hasil seleksi yang dilakukan PRUI sejak awal pekan lalu lewat Kejuaran Nasional (Kejurnas) Rugbi di Jakarta.

“Dari 11 pengurus PRUI di provinsi ikut dalam kejurnas. Ini modal besar untuk menghasilnya pemain timnas yang terpilih objektif,” kata Ketua Umum PRUI Didik Mukrianto di Jakarta, Sabtu (28/10).

Dia mengatakan, selanjutnya pelatih Daniel William akan kembali menyaring 48 nama putra putri tersebut. Dia menambahkan pada Asian Games nanti, timnas rugbi Indonesia hanya membutuhkan 24 pemain.

Itu artinya, setiap seleksi hanya menghasilkan 12 pemain untuk kategori putra, dan jumlah serupa untuk nomor putri. Seleksi pemain timnas, Didik menerangkan, akan dilakukan mulai November.

Dia menuturkan proses seleksi lewat pemusatan latihan yang akan dilakukan selama 10 bulan mulai bulan depan. Menurut dia, PRUI belum menentukan di mana tc akan dilakukan. Sebab, kepengurusannya masih menunggu kepastian birokrasi keuangan prestasi atlet setelah Satlak Prima dibubarkan.

Rugbi menjadi satu dari 42 disiplin olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018. Pesta akbar ragam cabang olahraga antarnegara di Asia tersebut akan digelar di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Ini akan menjadi partisipasi pertama kali bagi timnas rugbi Indonesia di level Asian Games. Sebab itu, PRUI pun belum berani mematok target perolehan medali dalam gelaran tersebut.

Humas PRUI Coky Siagian menambahkan, paling penting bagi kepengurusannya saat ini memastikan timnas rugbi Indonesia dapat bersaing dengan negara lain ketimbang memikirkan target medali. Apalagi, kata dia menengok persiapan rugbi Indonesia yang mepet.

“Mudah-mudahan kami akan memberikan kejutan di Asian Games nanti,” ujar Coky di Jakarta, Sabtu (28/10).

Original article: http://www.republika.co.id/berita/olahraga/arena-olahraga/17/10/28/oyj4d1428-rugbi-mulai-lakukan-seleksi-timnas-untuk-asian-games