Pentingnya Hidrasi dalam Rugby

Sebagai olahraga fisik yang menuntut tingkat performa yang prima, sangat penting bagi pemain Rugby untuk selalu menjaga asupan cairan bagi tubuhnya, baik saat bertanding maupun berlatih.

Lebih-lebih lagi, di negara tropis seperti Indonesia, kita sebaiknya lebih memperhatikan asupan cairan bagi tubuh kita ketika berolahraga, dikarenakan suhu yang rata-ratanya relatif tinggi jika dibandingkan negara lainnya. Data menunjukkan bahwa suhu udara di pesisir kepulauan Indonesia mencapai 28 derajat Celsius, 26 derajat Celsius di ketinggian dan 23 derajat Celsius di pegunungan. Jika dibarengi dengan tingkat kelembaban rata-rata 82% maka kombinasi faktor-faktor ini membuat kita harus lebih memperhatikan asupan cairan ketika bermain dan berlatih Rugby.

Oleh karena itu, kami memberikan beberapa tips mengenai hidrasi agar kamu dapat bermain Rugby dengan lebih aman dan tentunya dengan lebih baik:

  1. Tubuh kita terdiri dari 82% cairan dan otak kita terdiri dari 95% cairan jadi air merupakan komponen terbanyak dalam tubuh kita. Jika kita kekurangan air maka bukan hanya fisik kita yang menurun performanya melainkan juga kemampuan kognitif otak kita. Artinya, kita perlu menjaga asupan cairan tubuh agar kita juga dapat mengambil keputusan yang tepat saat bermain Rugby.
  2. Ketika kita mulai merasa haus, maka sesungguhnya kita telah kehilangan 1-2% dari cairan tubuh kita! Oleh karena itu, selalu jaga asupan cairan tubuh dengan minum sebelum kita merasa haus.
  3. Ketika kita berlatih dan bermain Rugby, usahakan agar berat badan kita sesudah adalah sama dengan berat badan kita sebelumnya. Dalam jangka waktu pendek, kehilangan berat badan ketika berolahraga disebabkan hilangnya cairan tubuh melalui keringat. Satu hal yang harus diingat adalah bahwa kehilangan cairan tubuh tidak sama dengan membakar lemak sehingga minum selama dan sesudah olahraga tidak akan mempengaruhi penurunan berat badan dalam jangka panjang.
  4. Indikator mudah melihat tingkat hidrasi kita adalah warna urin. Terutama pada pagi hari, perhatikan warna urin kita dan jika berwarna kuning-kecokelatan maka pastikan kita meminum air segera. Warna ideal urin kita adalah bening sepanjang waktu.
  5. Fungsi cairan tubuh adalah untuk membawa glukosa dan oksigen ke seluruh otot tubuh kita, selain membantu fungsi pencernaan dan merubah makanan menjadi energi, membuang kotoran tubuh dan menjaga suhu tubuh kita tetap normal. Air juga membantu asupan sodium dan mineral penting lainnya ke seluruh tubuh kita. Jika kekurangan cairan tubuh, maka berbagai macam komplikasi dapat terjadi yang pada akhirnya menyebabkan kita menjadi sakit.
  6. Delapan gelas atau sekitar 2.5 liter air disarankan untuk selalu dikonsumsi oleh pria dewasa sepanjang hari. Jika Anda berlatih atau bermain Rugby dimana terjadi keringat banyak, maka tentunya harus lebih banyak lagi minumnya. Untuk wanita dewasa, asupan 2 hingga 2.3 liter air disarankan setiap harinya.
  7. Konsumsi air yang cukup dapat mengurangi efek keram otot sepanjang berlatih dan bermain Rugby, namun bukan hanya jumlah yang diminum yang perlu diperhatikan, melainkan juga kapan kita minum. Jika Anda sudah dehidrasi sebelum berlatih atau bermain maka keram otot akan lebih mungkin terjadi.
  8. Berhati-hatilah terhadap jenis asupan cairan yang Anda konsumsi! Air putih tetaplah menjadi pilihan terbaik dikarenakan banyak minuman suplemen kadar elektrolit dan vitaminnya hanya akan terbuang percuma dengan cepat begitu kita buang air kecil. Kadar gula di banyak minuman suplemen bahkan menambah dehidrasi tubuh. Hindari minuman yang mengandung alkohol dan kafein ketika berlatih atau bermain Rugby.
  9. Perhatikan cuaca ketika kita berlatih atau bermain Rugby, namun apapun cuacanya, selalu siapkan persediaan air yang cukup. Tubuh kita seringkali terkondisikan dengan suhu udara sekelilingnya sehingga ketika suhu udara terasa lebih dingin atau ketika hujan turun, kita lupa bahwa kita tetap harus minum air putih.
  10. Perhatikan juga tipe tubuh kita. Apakah kita cenderung banyak berkeringat? Jika iya, maka asupan air dan cairan tubuh harus diperbanyak.

Rugby merupakan olahraga yang memerlukan fisik prima agar dapat dimainkan dengan baik dan juga agar kita dapat menikmatinya. Selalu jaga kondisi tubuh kita dan selalu pastikan asupan cairan tubuh kita cukup ketika berlatih dan bermain Rugby!