Persiapan Rhinos menjelang Asian Rugby Championship

Untuk ke-empat kalinya, Indonesia akan menjadi tuan rumah sekaligus salah satu peserta 2019 Asian Rugby Championship, Division 3 East-South yang akan diselenggarakan di Lapangan Rugby Gelora Bung Karno pada tanggal 23 hingga 29 Juni yang akan datang.

Sejak pertama kali mengikuti kompetisi Rugby XVs tingkat Asia di tahun 2006 yang lalu, Indonesia telah membukukan total 11 kemenangan dan 11 kekalahan dengan catatan kemenangan terbesar saat menalahkan Kamboja dengan skor 55-3 pada Asian Rugby Championship tahun 2008.

Persiapan Timnas Rugby XVs Rhinos sudah dimulai dengan seleksi pemain yang dipimpin oleh mantan kapten Timnas yang kini menjabat Kepala Pelatih Timnas, Bobby Orlando sejak beberapa waktu yang lalu. Dibantu oleh Asisten Pelatih, Subaru Higa, telah terpilih 26 pemain dengan empat pemain di squad latih tambahan.

Pemain yang telah dipanggil terdiri dari beberapa pemain senior seperti Daniel R Nugroho, Maykel Kawengian dan Scott Atkinson dengan wajah-wajah baru menghiasi sisa tim diantaranya Andre Gumilang, Kareem Pelo dan Todd Faulkes-Roberts. Diantara pemain squad tambahan juga terdapat dua pemain dari Yogyakarta yaitu Nino dan Dodo, selain Agus dari Aceh dan Sera dari Banten.

Timnas Rhinos akan memulai Training Camp pada tanggal 19 Juni 2019 di Jakarta sebelum memainkan pertandingan pertama melawan China pada hari Minggu 23 Juni. China kemudian akan menantang India pada hari Rabu 26 Juni sebelum Indonesia kembali akan bertanding melawan India pada hari Minggu 29 Juni. Sebagai catatan, PB PRUI juga akan menyelenggarakan sebuah “Get Into Rugby Festival” pada tanggal 29 Juni sebelum pertandingan akhir yang akan dihadiri oleh peserta junior dari provinsi-provinsi sekitar.

“Kami berharap dapat memberikan yang terbaik karena akan bertanding di hadapan publik Indonesia,” kata Manajer Timnas Rhinos Yudha Ramon. “Sangat istimewa karena kami sekarang dapat menyelenggarakan kompetisi di lapangan yang sama yang digunakan saat Asian Games yang lalu. Di tempat yang sama pada Agustus nanti, kita juga akan menjadi tuan rumah Asian Rugby Series Trophy dan Asian Rugby Women’s Series Trophy dan kemudian kita juga akan menjadi tuan rumah AGM Asian Rugby menjelang akhir tahun nanti.”

Mari kita berdoa untuk yang terbaik bagi Timnas Rhinos dan mari kita dukung beramai-ramai saat bertanding nanti!

Daftar lengkap pemain Timnas Rugby XVs Putra Indonesia Rhinos adalah sebagai berikut:

1.  AGUS TRIAWAN;

2.  ANDRE FIKSI GUMILANG

3.  ARI YUDA PRAMONO;

4.  ARIOBIMO IMAN;

5.  BRILYANI AL AKBAR;

6.  DANIEL RAHADIAN NUGROHO;

7.  DIAS RAHADIANSYAH;

8.  GLEN PETER INDRA WILLIAMS;

9.  IAN SCOTT ATKINSON;

10.KAREEM ABDUL JABBAR PELLO;

11.LAWRENCE OYAITOU;

12.LEONARDO PRAKOSO;

13.LEONE BAINIVANUA;

14.MARCO SEBASTIAN;

15.MAYKEL CARLI;

16.MIRZA HAKIM PRAHASTONO;

17.MOHAMAD YUSUF ARDIANTO;

18.MUHAMMAD RIFALDI;

19.NICO JOKU;

20.RAPHAEL BANGUN;

21.RICHARD HENDHARTO;

22.SEPTINUS OYAITOUW;

23.STEPHEN ALFRED FIELD;

24.TOBERI BUINEI;

25.TODD RAMADAN FOULKES ROBERTS;

26.YOHANES MUSI URAN MEMA;

Head Coach: Bobby Orlando

Assistant Coach: Subaru Higa