Profil Pemain – – Sri Nur Halimah Monica Sevia Sari

Seiring berkembagnya Rugby ke semakin banyak daerah, secara berkala kami akan melihat profil beberapa pemain dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Pemain kali ini adalah Monica, pemain putri berusia 17 tahun asal Desa Kendalrejo yang bermain untuk Bojonegoro Rugby di Jawa Timur. Dengan tinggi badan 157 cm dan berat badan 58 kg, Monica merupakan salah satu pemain andalan di backs, terutama center.

T: Sudah berapa lama bermain Rugby?
J: Sekitar satu setengah tahun… Saya mengenal Rugby dari Java Island Cup yang diadakan di Bojonegoro beberapa tahun lalu. Pas nonton, seru! Selang beberapa minggu ketika ada latihan, saya langsung bergabung.

T: Sudah main Rugby apa saja, Monica?
J: Setelah latihan selama beberapa waktu, Bojonegoro Rugby ikut turnamen Jakarta Tens 2017 jadi pertandingan pertama saya adalah Rugby Tens. Kemudian saya ikut bermain di Kejuaraan Rugby 7s Junior dan juga Bali Rugby 7s juga. Keduanya seru banget… Pengen juga sih, bermain Rugby XVs… Mudah-mudahan kalau sudah banyak putri yang bermain, bisa dibentuk tim XVs Putri ya…

T: Bagaimana rasanya bermain Rugby, terutama pada turnamen?
J: Senang! Seru! Sangat berkesan sekali karena kita bisa saling mengenal sesama pemain dari berbagai klub dan daerah… rasanya seperti bertemu dengan keluarga gitu, karena kita sama-sama bermain Rugby dan tahu perjuangan dan suka-dukanya bermain Rugby… Itu semua membuat pengalaman-pengalaman tidak terlupakan… Awalnya pasti ada grogi juga ya, apalagi kita tim baru dan masih sedikit pengalaman jadi terkadang masih susah menjaga kekompakan dan juga menjaga emosi. Tapi kita dilatih kan bukan hanya fisik tapi mental harus ksatria juga, jadi ya kita bermain sangat fair play.

T: Teman-teman dan keluarga mendukung kamu bermain Rugby?
J: Sangat mendukung! Teman-teman saya juga sekarang ada yang ikut bermain Rugby. Keluarga juga mendukung… mungkin karena saya memang suka olahraga dan dari dulu memang suka bermain Bola Basket jadi mereka senang saya ada aktifitas positif. Rugby itu menurut saya beda dari olahraga lain. Di lapangan kita benar-benar bersaing sangat agresif tapi di luar lapangan kita bersahabat dan sudah seperti saudara saja… Itu keunikan yang tidak ada di olahraga lain yang saya ketahui…

T: Kamu punya pemain favorit? Tim favorit?
J: Kalau untuk tim luar negeri, saya terus terang kurang banyak mengerti walaupun seru banget kalau melihat mereka bermain. Tingkat permainannya sudah benar-benar profesional jadi menontonnya juga sangat menghibur. Kalau tim lokal, saya suka melihat permainan Tim Rugby UNJ karena mereka bermain cepat ya… Beberapa pemain yang pernah saya lihat dan bagus ada Rifaldi, Dika dan Okta dari UNJ.

T: Harapan kamu ke depannya tentang Rugby?
J: Secara pribadi, saya ingin terus berlatih dan bermain dan mengejar prestasi sampai sudah enggak bisa berprestasi lagi. Saya ingin menambah ilmu dan pengalaman Rugby sebanyak-banyaknya dan mudah-mudahan bisa masuk ke Timnas Rugby Indonesia suatu saat kelak. Untuk Rugby di Indonesia, saya ingin agar semakin banyak yang bermain hingga ke seluruh pelosok ya… Tambah jaya, maju, maju dan maju terus!