Tim Junior dan Putri gemilang di Jakarta Tens 2019

Turnamen tahunan Jakarta Komodo Tens Open Festival baru saja selesai diselenggarakan pada Sabtu 27 April yang lalu di Lapangan Rugby GBK Jakarta.

Sebagaimana penyeleggaraan pada tahun-tahun sebelumnya, kemeriahan dan suasana keakraban kental terasa sejak dimulainya turnamen pada pagi hari. Tim-tim yang berdatangan dari seluruh penjuru Indonesia dan luar negeri mulai memenuhi tenda-tenda yang tersedia disekeliling venue yang digunakan pada kompetisi Rugby 7s, Asian Games 2018 yang lalu itu.

Hanya terpaut satu lapangan dari kompetisi utama, Lapangan B GBK juga digunakan sebagai bagian dari rangkaian festival Rugby tersebut yakni untuk menyelenggarakan kompetisi junior Rugby yang berlangsung pada saat bersamaan.

Seluruh pertandingan berlangsung dengan semangat dan seru, khususnya pada kategori Men’s Open dimana terdapat pula tim-tim internasional seperti Gaulois dari Perancis/ Singapura, Wanderers Singapura serta Polytechnic Merlimau dari Malaysia. Tidak ketinggalan tim-tim Indonesia seperti Bali Chilis dan juga Jakarta Banteng.

Yang sangat menggembirakan pada tahun ini adalah kedatangan beberapa tim yang relatif baru terbentuk di Indonesia seperti Bregada Yogyakarta, Banten Satu dan Kujang Bandung. Hal tersebut juga berlaku untuk kategori Women’s Open Sevens dimana Kujang Bandung, Jakarta Banteng, Bregada Yogyakarta dan UNJ Rugby turut berpartisipasi.

Sungguh sebuah kebahagiaan untuk melihat semangat para pemain putri bertarung di lapangan dengan berebut si bola lonjong. Rasa kagum karena para Srikandi Rugby dapat menunjukkan bahwa mereka secara sungguh-sungguh mencintai olahraga Rugby dan bertekad untuk terus memajukannya.

Di kategori junior, terdapat pula tim-tim lokal dari SMPN 99 Jakarta, SDN 06 Jatinegara, SDN 03 Jakarta Utara, Jakarta Komodos Junior Rugby, JJRG Junior serta SD Gunung Kidul dari Yogyakarta yang merupakan hasil pembinaan Get Into Rugby yang dijalankan oleh PRUI di berbagai provinsi.

Permainan para atlet Rugby Putri dan Junior inilah yang benar-benar membuat bangga karena merupakan bukti bahwa PRUI dan insan Rugby Indonesia telah dapat “menularkan” nilai-nilai Rugby kepada masyarakat secara lebih luas.

Pada akhirnya di kategori Men’s Open, Royal Warriors dari Malaysia mengalahkan Bali Chilis untuk merebut Cup, UNJ mengalahkan Wanderers untuk merebut Plate, Banteng mengalahkan Bandung di kategori Bowl dan Yogyakarta mengalahkan Banten di kategori Shield.

Untuk kategori Putri, Cup direbut oleh UNJ yang mengalahkan Yogyakarta sementara Banteng Srikandi menglahkan Bandung di kategori Plate.

Untuk kategori junior dan veteran beserta hasil lengkap final dapat dilihat di bawah.

Diiringi ucapan terimakasih atas festival yang luar biasa menyenangkan, khususnya bagi Ketua Jakarta Komodo Rugby Football Club, Pak Kyle Larson, Pak Agus Djamhoer, Pak Daniel Van Tuijl dan seluruh panitia, kami semua menanti festival berikutnya tahun depan!

HASIL LENGKAP JAKARTA TENS RUGBY FESTIVAL 2019

Men’s Open Cup: Royal Warriors Malaysia 14 – 5 Bali Chilis

Men’s Open Plate: UNJ 12 – 7 XV Gaulois

Men’s Open Bowl: Jakarta Banteng B 12 – 5 Jakarta Komodos Blue

Men’s Open Shield: Kujang Rams 7 – 0 Jakarta Banteng A

Men’s Veterans Cup: Jakarta Dinos 5 – 15 XV Gaulois Vets

Men’s Veterans Plate: HK Kowloon Vets – OPA Malaysia Vets (Forfeit Win)

Men’s Veterans Bowl: Sahoja Legends (win first try) 7 – 7 Sumbawa Nagas

Men’s Veterans Shield: Staroba (Forfeit Win) – Jakarta Banteng Vets

Women’s 7s Cup: UNJ Rugby 14 – 5 Bregada Ladies

Women’s 7s Plate: Banteng Srikandi 5 – 0 Kujang Ladies

Junior U10:
1. Komodos
2. JJRG
3. Glompong

Junior U12:
1. JJRG
2. Komodos B
3. Phoenix Putra Jaya

Junior U14:
1. STI Knights
2. Komodos A
3 Komodos B