Timnas Rugby 7s Putra dan Putri Try Out ke Uzbekistan dan Sri Lanka

Setelah kurang lebih tiga bulan melakukan training camp di Gumuk, Daerah Istimewa Yogyakarta, Timnas Rugby 7s Putra dan Putri Indonesia melakukan ‘try-out’ ke Uzbekistan dan Sri Lanka sebagai bagian dari persiapan mengikuti perhelatan akbar Asian Games ke-18 di Jakarta pada bulan Agustus yang akan datang.

Melakukan penerbangan yang cukup panjang ke Tashkent, Uzbekistan, pada tanggal 2 Mei yang lalu, kedua team langsung melakukan persiapan untuk mengikuti turnamen Open Central Asia Rugby 7s pada tanggal 5 Mei. Turnamen yang berlangsung selama dua hari ini sendiri diikuti oleh beberapa team provinsi Uzbekistan yaitu Navoi, Mulus, Fergana dan Namangan serta diikuti juga oleh team universitas nasional Uzbekistan yaitu SKMORU dan team Kemenhan Uzbekistan, Spartak. Selain Indonesia, China Taipei juga mengirimkan team sebagai peserta dari luar negeri.

Pada hari pertama, Timnas Putra dikalahkan SKMORU 12-15 kemudian mendapatkan kemenangan pertamanya pada turnamen setelah megnalahkan Navoi 31-0 disusul kemenangan kedua atas Spartak 26-0. Berjumpa dengan China Taipei pada semifinal, Indonesia harus mengakui keunggulan lawan dan kalah 26-5.

Pada pertandingan perebutan peringkat III sehari berikutnya, Timnas Putra menekuk team Universitet dari Uzbekistan dengan skor 19-10. Timnas Putri juga menunjukkan peningkatan performa dengan mengalahkan Nukus 15-5, kemudian Fergana ditekuk 20-5 sebelum dikalahkan SKMORU 12-19. Kemenangan kembali diraih atas Namangan 27-7 sebelum pada hari kedua memenangkan seluruh pertandingan yaitu atas Selection 27-12, atasUzkoram 12-10 dan kembali menang atas Selection, 15-12.

Timnas Putra dan Putri kemudian melanjutkan perjalanan ke Colombo, Sri Lanka untuk mengikuti turnamen yang dieselenggarakan Sri Lanka Rugby Union.

Di negeri dimana Rugby merupakan salah satu olahraga terpopuler yang dimainkan, Timnas Putri mengawali perjuangannya dengan menang 27-5 atas CRFC sebelum dikalahkan Air Force 17-19. Pada pertandingan ke-3, Timnas Putri kembali menelan kekalahan dari team kuat Army SC, 0-28. Timnas Putra harus mengakui keunggulan Sri Lanka Tuskers 12-27 pada pertandingan pertamanya sebelum kemudian mendapatkan kemenangan pertama atas Sri Lanka Police Club 19-7. Namun pada pertandingan ke-3, Indonesia kembali ditekuk Sri Lanka Lions 12-38.

Di hari ke-2, Timnas Putri kembali dikalahkan Army SC 0-29, menang melawan CRFC 17-5 sebelum ditekuk Air Force 7-17. Sementara itu, Timnas Putra dikalahkan Sri Lanka Police Club pada pertandingan rematch, 7-12 dan juga oleh team kuat Sri Lanka Lions, 0-38.

Baik Timnas Putra dan Putri kini sudah kembali ke Tanah Air dengan pengalaman tanding internasional yang sangat berharga dan akan kembalil meneruskan training camp di Gumuk setelah beristirahat sepekan di awal bulan Ramadhan.

Kita doakan terbaik untuk para pejuang Rugby Indonesia!