Tentang PRUI Jawa Barat

PRUI Jawa Barat di bentuk pada bulan agustus 2013 silam, yang di resmikan oleh bidang organisasi KONI Ibu Ayi dan perwakilan dari PB. PRUI Ibu Karina. PRUI JABAR diketuai oleh Bapak Ardiansyah dari periode 2013 sampai bulan Agustus 2017 mendatang. Dengan dibentuknya PRUI JABAR tentunya lebih membangkitkan semangat rugby di Indonesia dan Jawa Barat khususnya. Semangat dari para jajaran PRUI JABAR ini beberapa situasi perlahan membuahkan hasil. Pada pelantikan PRUI jabar, saat itu perwakilan dari KONI berpesan bahwa terus menggiatkan ‘pemasaran’ rugby di berbagai daerah khususnya di jawa barat sendiri. Beruntungnya PRUI pusat memiliki program pemasaran yang berstandar Internasional.

Program yang bernama Get Into Rugby merupakan program yang di adopsi World Rugby kepada dunia untuk menyebarkan nilai nilai dari rugby itu ke seluruh dunia. Seiring berjalannya waktu Jawa Barat menjalankan promosi rugby ke universitas dan sekolah di jawa barat khususnya. Universitas Pendidikan Indonesia merupakan hasil binaan PRUI jawa barat karena ada salah satu fakultas yang sangat memadai untuk memulai agenda rugby pada saat itu, hasilnya cukup membanggakan, banyak peminat olahraga dan beberapa anak pun berbakat untuk memainkan bola lonjong ini.

Bandung Rams Rugby pun bernaung di bawah PRUI Jabar, pihak dari Bandung Rams juga turut membantu mempromosikan rugby di setiap universitas dan sekolah sekolah yang ada di Jawa Barat. Berkolaborasi dengan UPI baik dalam mempromosikan rugby dan latihan rutin , UPI berhasil meraih posisi ke 2 pada tingkat nasional di KEJURNAS mahasiswa yang diselenggarakan di UNJ Jakarta pada tahun 2015 silam. Prestasi cukup membanggakan bahwasanya UPI merupakan Universitas binaan baru di banding peserta KEJURNAS pada saat itu. Disamping itu para pemain memaikan turnamen pertama kalinya. Sampai saat ini PRUI JABAR memiliki 6 Pengurus Cabang seperti Bandung,Bogor,Sumedang, Kab. Ciamis, , Kab. Bandung. Diharapkan bisa mencetak atlit atlit berprestasi kedepannya dan bisa bersinergi untuk terus mempromosikan rugby di Jawa Barat.