Timnas Rugby 7s Putri di Asia Rugby Women 7s Trophy Brunei

Setelah melaksanakan Pelatnas dan bertarung pada perhelatan akbar Asian Games pada bulan Agustus yang lalu, Timnas Rugby 7s Putri Indonesia melanjutkan pembinaannya dengan ikutserta pada Asian Rugby Women 7s Trophy di Pagana Club, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam pada tanggal 20-21 Oktober yang lalu.     

Dengan kapten team, Lesley Deda yang memimpin pasukannya, para Srikandi Rugby berangkat untuk mengikuti turnamen ini untuk pertama kalinya.

Pada turnamen yang diikuti 10 negara Asia tersebut, Indonesia berada pada satu pool dengan team-team yang jauh lebih berpengalaman dengan sejarah Rugby yang jauh lebih lama yaitu Guam, Brunei, Laos dan Malaysia.

Menghadapi team kuat Guam pada pertandingan pertama, Indonesia dapat memberikan perlawanan yang luar biasa dengan mengimbangi permainan negara kepulauan Asia Pasifik tersebut. Try cepat pada menit pertama oleh pemain Guam, Erica Quichocho dibalas dua menit kemudian oleh pemain forward Indonesia, Nadya Khoirunnisa dan perbedaan satu conversionlah yang memberikan kemenangan akhir pada Guam, 5-7.

Selanjutnya kemenangan pertama Indonesia diraih pada pertandingan kedua melawan tuan rumah Brunei dengan tries dari Nadya Khoirunnisa, Tri Sukma Nugraeni, Lesley Deda, Ni Kadek Nirmala & Indri Katerina Lahu. Skor akhir 25-5 untuk Indonesia.

Dua kekalahan yaitu 0-29 melawan Malaysia dan kalah tipis 10-12 melawan Laos membawa Indonesia berhadapan dengan India pada semifinal Plate.

Menghadapi team tangguh India, Indonesia harus mengakui pengalaman lawan yang lebih unggul dengan kekalahan 0-30.

Pada perebutan peringkat 7-8, Indonesia dapat kembali memberikan permainan terbaik dan berhasil mengalahkan Nepal 22-5.

Keberhasilan meraih ranking ke-7 ini merupakan tolok ukur ke depan bagi Timnas Rugby 7s Putri Indonesia dan beberapa kekalahan tipis menunjukkan pembinaan yang mulai membuahkan hasil. PB PRUI terus melakukan berbagai kegiatan agar olahraga Rugby semakin banyak dikenal dan dimainkan di kalangan olahragawan Putri di Indonesia.

Hasil lengkap Asia Rugby Women 7s Trophy adalah sbb:

  1. Malaysia
  2. Philippines
  3. Guam
  4. Uzbekistan
  5. India
  6. Laos
  7. Indonesia
  8. Nepal
  9. Pakistan
  10. Brunei