Rapat Kerja Nasional PRUI

Sebagai evaluasi roadmap dan cetak biru Rugby Indonesia di tahun 2018 mendatang, Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) melangsungkan Rapat Kerja Nasional di Bojonegoro pada tanggal 15 – 17 Desember yang lalu.

Seiring langkah-langkah pengembangan Rugby di tingkat nasional, khususnya melalui program Get Into Rugby, juga dengan mengingat bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah pesta akbar olahraga Asian Games di bulan Agustus 2018 mendatang dimana Rugby turut dipertandingkan, maka pimpinan PB PRUI melakukan rapat kerja dalam rangka konsolidasi dan penyusunan program agar kiranya langkah ke depan semakin tertib, teratur, massal dan berpresetasi.

Pada RAKERNAS tersebut, Ketua Umum PB PRUI Didik Mukiranto S. H., M. H. menekankan ikhtiar bahwa Rugby dengan nilai-nilai Integritas, Semangat, Solidaritas, Disiplin dan Saling Menghormati dapat lebih dari sekedar olahraga yang memasyarakat namun juga berprestasi hingga di ajang internasional. Kesempatan untuk menunjukkan keseriusan insan Rugby Indonesia pada ikhtiar tersebut dimulai dengan perencanaan yang matang dan sinergi yang dihasilkan mulai tingkat junior hingga senior, pemain hingga ofisial dan dari tingkat klub hingga tingkat nasional.

Dengan lima propinsi baru dimana kini Rugby dimainkan, maka diperlukan juga berbagai sarana pendukung seperti pelatihan pelatih, wasit, dijalankannya kompetisi, keikutsertaan wanita di dalam olahraga Rugby serta hidup sehat berkat Rugby. Semua ini dapat menjadikan Rugby sebagai kontributor kesejahteraan bagi para pemain karena bergaya hidup sehat lahir dan bathin.

Pada RAKERNAS tersebut, para Pimpinan PB PRUI juga mempresentasikan program kerja masing-masing yang mencakup berbagai bidang sehingga para Pengprov PRUI juga mendapatkan roadmap yang tepat untuk dapat menjalankan rangkaian kegiatan olahraga Rugby di propinsinya masing-masing.

Berbeda dengan cabang olahraga kebanyakan lainnya, PB PRUI sengaja melangsungkan RAKERNAS nya di Bojonegoro agar benar-benar mencerminkan jiwa akar rumput dari pengembangan Rugby yang merambah tidak hanya di kota-kota besar melainkan juga di seluruh Indonesia. Sambutan hangat ditunjukkan kota Bojonegoro kepada para insan Rugby Indonesia dengan adanya berbagai pertunjukan seni sebagai sambutan, serta antusiasme penonton saat berlangsungnya Kejurnas Junior 2017 yang diselenggarakan bertepatan dengan RAKERNAS tersebut.